Pesan Filosofi Pak Kuntoro Kepala BAPEL BRR NAD-NIAS

Monday, April 20, 2009

Beberapa wkatu yang lalu Pak Kuntor diundang menjadi Keynote spiker pada Kronfrensi OMS di Aceh, dan pak Kuntoro menyampaikan pesannya sebelum tugasnya sebagai Bapel. BRR NAD-NIAS selesai. berikut ini adalah pesan dari Pak Kuntoro Semoga bisa jadi masukan buat kita.



Aceh mempunyai masa depan yang luar biasa. Semua unsur untuk maju ada disini. Idealisme anda, pikiran anda, energi, sumber2 semua ada tinggal kita mensinergikan untuk melakukan perubahan. Tema yang saya bawakan adalah perubahan. Satu2nya yang tidak pernah berubah didunia ini adalah perubahan.


Perubahan terjadi setiap saat apakah itu dipaksakan dari luar atau dari dalam tetapi perubahan2 selalu ada di depan kita. Bapak darwin, bapak dari teori evolusi mengatakan hanya mereka yang kuat yang bisa bertahan. Sebenarnya bukan mereka yang kuat tapi mereka yang bisa menyesuaikan diri dengan perubahan itu yang bisa bertahan. Andai kata waktu saya habis tinggal diberi tahukan saja. Setelah 4 tahun saya tinggal di Aceh hati saya sudah melekat betul di Aceh ini dan belum lama saya tinggal di luar Bandung dan Jakarta. Di Bangka saya 3 tahun dan di Aceh sampai tanggal 16 April nanti 4 tahun. Saya sudah merasakan Aceh ini plus minusnya. Izinkan saya bicara terbuka, apa adanya, nanti minta tolong teman2 pak ramadhana, pak otto, pak juanda dan mengritik yang kurang keras dan menandai yang keras. Asteroid yang menghantam bumi ribuan tahun yang lalu menghancurkan dinasaurus dan mereka punah.


Asteroid yang tertutup dan tidak bisa ditembus matahari dan daun2 mati dan hantaman dari luar bumi membuat bumi berubah. Justeru binatang2 yang aneh sekarang ini dia bertahan. Kura2 kelapagos bentuknya aneh dia yang bertahan. Dinasourus tyrex hilang, kodok bertahan. Kodok adalah binatang yang bisa bertahan terhadap perubahan2 besar. Masukkanlah kodok didalam air dan air itu dipanasin maka kodok akan mati dan apabila dimasukan dalam air mendidih dia akan meloncat. Sdr2 didepan kita sudah ada global climate change dan kita lihat apakah kita kodok kita lihat. Perubahan2 yang luar biasa kalau yang namanya bencana alam sekali2 asteroid menghantam dan membuat perubahan. Krakatau meledak, tsunami menghantam kita tetapi banyak sekali perubahan terjadi karena perlakuan manusia atau ketidakberdayaa manusia. Untuk itu izinkan saya melihat ke belakang dan jangan kelamaan kita lihatnya dan ada yang mengatakan masa depan anda di belakang sebenarnya. Dengan mudah kita bicara tentang kejayaan2 masa lalu dan ketika ditanya mau apa ke depan dia tidak bisa menjawab.


Peradaban muncul, berkembang mati dan dihantam peradaban lain. Mesir itu peradaban yang luar biasa. Piramida, spink, dan kejayaan mereka luar biasa. Dihantam Roma dan sebelumnya helenix. Kalau kita ngomong mesir kita bicara Al Azhar. Apa yang hebat dari mesir? Mesir adalah mesir dan Aceh jangan sekali kali engkau jadi mesir. Kenapa mereka begitu karena kemampuan ke depan tidak ada mereka sibuk sekali bagaimana rajanya bisa hidup abadi dan tidak mengerti bagaimana mengendalikan sungai nil. Mereka tidak mengerti itu dan di cina orang sudah mengerti dan memperkirakan kapan menanam dan lebih gampang memanennya. Ilmu perbintangan berkembang lebih cepat di china dan bintang bisa memberikan gambaran kepada kita kapan bisa menanam dan disitulah lahir dan china bisa tahu arahan laut karena bintang bisa memberikan arahan itu. andai kata mereka tahu bagaimana membaca langit. Helemix hancur dan peradaban yang luar biasa dan sejumlah buku mengenai filsafat berangkat dari aristoteles dan plato.


Filsafat mereka kuat sekali tapi tidak diimbangin dengan bagaimana membuat senjata. Kalau anda melihat yunani anda akan melihat patung2 yang luar biasa dan lihat bagaimana mereka membuat senjata ada kupola yang membuat biji besi menjadi besi dan mereka ambil dari china. Peradaban2 ini sudah hilang, roma hilang, yunani hilang, mesir hilang. Untuk mengimpire baru hilang 100 tahun yang lalu. Automan empire adalah anak jengis khan dan menguasai dunia. Jengis khan adalah orang yang menguasai dunia lebih dari semua peradaban didunia ini. lebih luas dari Amerika, Inggris atau Rusia. Mereka masuk ke kudirstan sampai ke polandia. Satu kekuatan mereka adalah senjata dan memanah dengan kuda. Dan teknologi itu mereka menguasai dunia Eropa akan bergetar kalau jengis khan datang. Automan empire di Turki bukan Arab dan mereka mengatakan keturunan jengis khan manusia2 padang rumput. Seluruh lautan mereka kuasai. Modalnya hanya satu kuda dan bagaimana menghantam dengan panah, pedang dan meriam yang ditarik kuda.


Sdr2 sekalian kristen harus berterima kasih kepada Automan Empire dan karena ketakutan mereka melahirkan Renesaince dan bersatulah mereka untuk menghantam islam yang datang ke Istambul. Ketika viena akan jatuh dan sultan Turki mengatakan mari kita berpesta dulu dan diwaktu dua minggu renesaince bersatu dan membela viena dan akhirnya bukan viena yang jatuh tapi disitulah awal kejatuhan automan empire. Dan mulailah abad pertengahan di Eropa. Dan pada saat bersamaan keluarlah mesin cetal kutten bell. Kalau dulu cara orang berkomunikasi mengunakan tangan dan ketika mesin itu keluar semua bisa dicetak dan pertama yang mereka cetak adalah injil dan itulah orang biasa bisa membaca Injil dan sebelumnya orang hanya mendengarkan dan di injil disebutkan itu. mesin cetak guttenrberk dan eropa meninggalkan adab kegelapan. Tapi ada satu peradaban yang tidak pernah mati selama 5000 tahun itulah peradaban China dan mari kita pelajarin mengapa china seperti itu?


Satu dari 6, 1,4 milyar orang adalah orang china di dunia ini. mempelajari jatuh bangunnya peradaban bahkan hilangnya peradaban ada 3 unsur utama yang bisa menentukan peradaban bisa bertahan? Pertama bagaimana membuat manusia bisa lahir, besar, mati dengan baik dan tidak bisa hancur karena unsur2 luar. Sekarang mudah sekali kita mengatakan tapi setahun yang lalu begitu ada wabah pes jutaan orang mati. 7 tahun yang lalu begitu ada wabah influenza jutaan orang mati. Bagaimana orang bisa bertahan karena penyakit? China bisa menghasilkan kekuatan2 yang menjadikan bangsa yang bisa bertahan. Obat2an dan obatnya kimia. Kimia ini merupakan cara kita menghadapin alam dengan beberapa macam penyakitnya. Yang kedua adalah menguasai senjata dan senjata menjadi teknologi. Zeni itu teknologi ketentaraan dalam bahasa perancis. Bagaimana mereka bisa mengetahui cara membuat teknologi. AL Perancis mempunyai pengetahuan bagaimana membuat meriam yang cocok dikapal dan bisa menghantam daratan dan dentumannya tidak membuat kapal oleng dan automan empire tidak punya itu.


Yang ketiga adalah budaya sederhana sekali. Guttenberkh itu komunikasi dan kalau tidak ada cara menulis dengan baik maka tidka ada dasar orang bisa membaca. China punya teknologi, obat2an dan budaya. Aceh dihantam tsunami 4 tahun yang lalu sama seperti bumi dihantam oleh asteroid beberapa juta tahun yang lalu, perubahan harus dari luar dan ini sama seperti Jepang yang harus dibuka saat commodor fery masuk dengan kapal2nya. Dikirim lah anak2 muda ke perancis, inggris untuk belajar. Apakah yang mereka pelajari? Kekuatan yang mereka miliki. Setelah anak2 muda jepang kembali ke negeri dan mengatakan mari masuk ke mesin bintal dan bagaimana membuatnya dan ini adalah satu proses berpikir luar biasa dan karena mulai masuk mesin bintal di Jepang dan disinilah bangsa jepang belajar mengenai teknologi. Untuk membuka diri kita pilihan di kita dan mau kemana kita setelah itu? tsunami datang dan ada 600 NGO Inter masuk ke Aceh dan ada pertanyaan mau kemana setelah itu dan konferensi ini adalah konferensi yang begitu penting untuk bisa mejawab pertanyaan tadi. Saya melihat ada 3 hal belajar dari sejarah kenapa mesir jatuh karena tidak megerti ilmu falak dan bagaimana memulai menanam. Dan automan jatuh karena tidak mengerti buat meriam diatas kapal. Helenex jatuh karena tidak tahu dengan teknologi. Sdr2 sekalian bagaimana mejawab itu semuanya?


Izinkanlah saya membicarakan bagaimana Aceh ke depan? Perhatikan bagaimana letak Aceh di samudera hindia, ada myanmar, india selatan, thailand selatan. Alangkah cantiknya kalau kita bisa memberi pengaruh kepada wilayah2 itu keluarlah. Tidak ada sebuah tempat yang akan bertahan dengna ciri depensif. Tidak ada budaya besar didunia ini yang berangkat dari bertahan. Budaya2 besar yang berangkat keluar. Anglo saction keluar karena ekpedisi2 orang2nya. Dalam kurun sejarah yang paling banyak di dunia ini adalah orang inggris. Coke, hilary, darwin, wales, ekspedisi ke afrika selatan, amerika selatan. Anglo saction. Mesir tidak mempunyai jiwa obfersif, outoman hanya viena saja di kepala mereka. Jenges khan ekpansi luar biasa. Bangka cosmopolid adalah cina dan carilah cina akan ketemu dimiana-mana. China every where. Aceh ada di ujung republik sebelah barat ekspansi. Keluar jangan difersif.


Ubah itu dan keluar jangan bertahan. Mari kita rambah kelauar sana tetapi untuk bisa merambah keluar dan yang dikirim bukan TKW dan tentunya kita harus punya sesuatu dan didalam kita sendiri harus ada perubahan2 besar. Perubahan2 tidak bisa terjadi hanya satu kaum elit tapi karena anda gerakan rakyat, gerakan masyarakat. Lupakan birokrat, lupakan elit dan lupakan orang seumur saya. Anda adalah pelaku2 perubahan ini dan seluruh infrastruktur bisa kita pasang. Hospot telekomunikasi, jalan semua sudah ada tapi yang paling penting perubahan sikap kita atas dasar pendidikan yang baik. Berdasarkan MBG yang kita buat bersama dengan PPP Aceh adalah tok dan jangan bicara mengenai ekploitasi dan lain2. jumlah bayi yang meninggal adalah no.1 di Indonesia. Dan Aceh adalah satu2 propinsi yang telah mencapai target milinium gold tahun 2012. jumlah anak2 yang di SMP lebih banyak dari rata2 nasional. Sdr2 sekalian Aceh tok sekarang bagaimana pushed lebih ke depan lagi.


Saya melihat kuncinya ada tiga. Pertama perempuan. Saya sering bergurau tapi agak serius kalau kau ingin melakukan perubahan lakukan melalui perempuan. Perempuan yang mendidik anak. Ei bapak2 berapa kali anda mengajarin anak dirumah? Kalau perempuan mendidik anak dan begitu kita bicara perubahan perempuan yang melakukannya. Ei bapak2 tahu tidak berapa banyak tanaman yang bisa membuat anak2 hangat? Ibunya yang tahu. Jadi kalau anda ingin mengubah perkarangan anda menjadi obat2an perempuan yang melakukan perubahan. Yang berintekrasi dengan air adalah perempuan. Anaknya bangun dia mandiin, kopi dia buatin, sarapan juga dia yang siapin. Begitu rumah kotor ibu yang bersihkan. Global climate change perempuan yang melakukan. Alangkah cantiknya kalau balai2 perempuan yang ada di mana2 di konek dengan sistem telekomunikasi internet kita. Ingat revolusi dunia akibat mesin cetak guttenberekh? Kenapa tidak kita lakukan sekarang dan itu 750 tahun yang lalu.


Sekarang semua sudah ada disini. Jadi pak gubernur tolong yang namanya dinas infokom tidak ngurusin dinas penerangan bagaimana SD kita ini bisa terkonek. Dan revolusi akan hebat terjadi di Aceh apabila ibu2 dan sekolah2 semua dikonek. Sekarang gurunya tidak hanya mengajar satu tempat dan dia harus bisa mengunakan monitor untuk mengajarin muridnya. Begitu dirumah tanya bapaknya bapaknya tidak mengerti dan ibunya akan tergopoh2 ke balai Inong untuk belajar mengunakan. Tolong dorong infokom untuk mengunakan perubahan. Bagaimana kita memperkenalkan berbagai macam perubahan dan kejadian kecil di dunia ini seperti ini. lihatlah kapal2 nelayan kita. Pada waktu orang mau nyumbang kapan kecil pada waktu itu. sdr2 sekalian memang tidak ada perubahan di sektor nelayan itu karena kapalnya ujungnya lancip apa tidak kaget kita begitu mengetahui teknologi kapal kita sudah ketinggalan 100 tahun dan pukulan bagi saya ketika korea selatan menyumbang kapal dan orang Aceh bilang jangan itu diberikan ke Aceh dan semuanya ke nias dan tidak mengherankan karena di seluruh Aceh hanya ada satu sekolah perikanan. Panjang pantai lebih dari 800 km pulau2 begitu banyak, ikan2 begitu banyak dan hanya satu sekolah perikanan. Pak gubernur dinas2 pendidikan itu tolong pikirkan hal2 begini.

SMK bantuan Jerman dan luar biasa. Ruang prakteknya dan hotelnya luar biasa. Dan SMK itu adalah SMK terbesar dan terbagus di Indonesia. Andaikan 5 tahun kita tidak bisa mengirimkan tamatan SMK di Malaysia, Singapore dan tempat lain keterlaluan kita. Lihatlah wilayah sekeliling kita ini? ada bangladesh, myanmar selatan miskinnya lebih dari kita dan modalnya satu dan maju dengan bahasa inggris. Bangladesh juga maju biarpun miskin karena pakai bahasa inggris. Kenapa kita tidak punya sekolah perawat bahasa inggris? Sekolah bidan bahasa inggris? Lalu justeru ini kita keluar dari Aceh kerja di Jepang, Thailand dan Bangladesh. Bukan kuli di kebon atau TKI. Kalau kita konsentrasikan pada beberapa efek saja dan loncatannya luar biasa. Tiga saja teknologi. Bagaimana seorang perempuan bisa memahami mengunakan monitor dan bicara mengenai kebidanan dan itu ada teknologi.


Yang kedua berkenaan dengan kebudayaan dan ketiga mengenai obat2an atau ilmiah. Sdr2 sekalian Aceh ada di tangan anda semuanya. Semua komponen2 dasar untuk melakukan perubahan sudah ada. Pelabuhan sudah ada, airport sudah ada. Bagaimana teknologi gutten berkh bisa diterapkan disini? Andai kan saja nelayan menangkap ikan tuna dan mendarat di lampulo dan tahu harga ke China 50 x lipat dari harga disini dan seluruh rangkaian birokrasi kita dorong untuk membuat ini terlaksana. Bagaimana semua orang tahu bahwa harga tuna di Aceh 50 x lipat di china? Pasang harga kopi di newyork, london, di takengon maka akan ada harga kopi. Begitu ada gerakan seperti itu kita dorong birokrasi. Nomer satu tugas kita adalah mengerakan masyarakat untuk masuk dalam dinamika perubahan ini. biarkan mereka itu bahwa di dunia lain ada sesuatu yang harus buat mereka terlibat disana. Setelah mereka paham untuk mengerakkan birokrasi. Mulai dari kapal terbang dan kapabean disiapkan. Semua fasilitas yang dibangun oleh USAID, Belanda memberikan dampak ke luar dan banda Aceh harus menjadi pusat kegiatan internasional.


Tidak ada cerita jangan mundur jangan surut dan sekarang pergi ke luar negeri dan sebutlah saya dari Aceh dan semua orang tahu dan tidak tanya Aceh dimana ya. Sama seperti Bali. Dan Aceh sudah sama dengan Bali tetapi 10 tahun yang akan datang dan orang akan bertanya lagi Aceh dimana dan itu kemunduran dan harus tunggu tsunami kedua untuk memperkenalkan Aceh. Bagaimana Aceh menjadi center dari berbagai kegiatan. Ngomong minyak dan orang hutan itu sudah kuno sekarang kajian2 yang pakek otak. Perdamaian dan tsunami, dan pak yusni sabi sudah mengambil langkah untuk membuat pusat tsunami dan perdamaian. Saya katakan kepada Pak yusni tanggungjawab anda bahwa Aceh harus menjadi internasional dan 10 tahun yang akan datang INSYA Allah SWT kalau orang bertanya anda dari mana dari Aceh dan saya ingin belajar dari Aceh setelah perubahan terjadi. Selamat berjuang dan konferensi ini menghasilkan pemikiran2 cemerlang untuk masa depan Aceh. Wasalam.

1 komentar:

Aulia said...

akhirnya pak kun pulang ke jakarta juga

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai