Wednesday, November 20, 2019

Sudah Standard-kah atau sesuai SNI-kah Inkubator Portable Bayi Premature karya Prof Raldi?

Relawan-relawan yang menyalurkan peminjaman Inkubator gratis diberbagai tempat di Indonesia tidak lepas dari banyak pertanyaan tentang inkubator portable ini bukan hanya karena alat ini sangat membantu sekali bagi masyarakat Indonesia, sistem kerja juga manfaat yang diperoleh.



Ikubator Portable ketika sedang ada bayi dalam kabin

Alhamdulillah dalam kabin suhu ruangan mencapai 32-34 derajat celcius
sangat baik untuk bayi prematur

Prof Ralid mendapat kunjungan relawan di ruang kerjannya

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah subhanahu ta'ala atas limpahan rahmat-Nya Inkubator Portable gratis ini telah membantu bayi-bayi yang lahir prematur sudah mencapai lebih dari 3000 lebih bayi yang tertolong baik dari masyarakat kurang mampu atau masyarakat dari berbagai kalangan. dengan rincian porsi bayi kuning dan bayi prematur menurut data Yayasan Bayi Prematur Indonesia  bisa kita  peroleh 1:9, sehingga hitungan kasarnya adalah 2700 bayi prematur dan 300 bayi kuning. Alhamdulillah capaian yang masyaAllah luar biasa dari Prof Raldi, Tim Inkubator dan Relawan-relawan yang mendermakan waktunya untuk menolong bayi-bayi prematur tersebut. 

Namun capaian ini bukan tampa kendala dan habatan, namun juga masih ada pertanyaan-pertanyaan yang meragukan fungsi dan manfaat inkubator. salah satu pertanyaannya adalah ; 

APAKAH ALAT INKUBATOR INI SUDAH STANDARD ATAU SUDAH SESUAI SNI ? 

ada semua jelas dan gamblang, berikut jawaban teknis dari TIM INKUBATOR UI tentang kinerja dan standarisasi Inkubator Portable gratis ini. 

Pada tahun 2014, inkubator sudah dites di BPFK Kemenkes (Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan) Kementrian Kesehatan.

Pada tahun 2018, inkubator sudah dites dalam skala laboratorium di salah satu lab perusahaan alat kesehatan (CV. Bartec / BUMA) dengan menggunakan standar Inkubator perawatan bayi (SNI 16-4221-1996)

dan pada tahun 2019, inkubator sudah dites dalam skala laboratorium di lab perpindahan kalor fakultas teknik UI dengan menggunakan standar Inkubator perawatan bayi SNI IEC 60601-2-19:2014

dari hasil terakhir, didapatkan inkubator telah mencapai syarat yang ditentukan utamanya akurasi kontrol dan keseragaman temperatur.

dan mengenai kalibrasi.
sebenarnya apa yang bapak/ibu agen relawan lakukan sebelum meminjamkan inkubator yaitu mengetes inkubator dalam durasi 6 jam non-stop sesuai dengan saran kami sejak dahulu, itu dapat disebut dengan kalibrasi. karena inti dari kalibrasi adalah "menyesuaikan kembali". bahasa mudahnya seperti itu.

jika inkubator rumah sakit yang menaungi kalibrasi adalah BPFK tersebut. dan dokter / manajemen RS pastinya lebih mengenal hal tersebut. karena ada jadwal rutin untuk mengkalibrasi semua alat di RS sesuai ketentuan yang ada. 

bagaimana dengan inkubator grashof portabel?
inilah perbedaannya. 
inkubator grashof bukanlah alat komersil seperti inkubator di RS. 
secara kinerja, peruntukkan, dan juga tata cara penggunaan jauh berbeda dengan inkubator pada umumnya. 
pada saat tes di BPFK, karena kami memberikan penjelasan bahwa inkubator grashof untuk kegiatan peminjaman gratis dalam menolong bayi prematur dan bersifat non-komersil, di surat pernyataannya tidak ditulis sebagai barang yang ter-registrasi. karena memang itu bukan tujuan awalnya. setidaknya surat pernyataan tersebut menjelaskan hasil dan juga masukan dari BPFK.

sebagai penutup, biasanya kami menyampaikan kepada audience yang menanyakan hal tersebut bahwa Alhamdulillah sudah ada lebih dari 2500 bayi prematur yang telah menggunakannya, mulai dari berat badannya yang hanya 700 hingga 2100 gram. setidaknya itu dapat dijadikan bukti nyata, bukan hanya tes di lab atau sekedar sifatnya teknis. 

jika ada perdebatan tentang hal ini dengan audiens, mengalahlah. karena adanya kegiatan ini bukan menunjukkan yang paling benar, tetapi ingin menolong. kemanusiaan adalah porsi terbesar dalam inkubator dan juga kegiatan ini yang tak dapat diceritakan, tetapi harus dirasakan. 

semoga membantu dalam menjelaskan pertanyaan serupa di lain waktu dari keluarga atau sanak family bayi premature. 
kurang lebihnya mohon maaf.
terima kasih. 



untuk diskusi lebih lanjut : 

Profesor Raldi Antono Koestoer
email : koestoer@eng.ui.ac.id
sms : 0856-5931-2070
Whatsapps/Telpon : 0816-1992-186


Untuk peminjaman Inkubator Portable Gratis 

ayo gabung menjadi relawan kami 
sms : 0856-5931-2070



0 komentar:

Post a Comment