Eh....Malam

Tuesday, April 14, 2009
Aceh… kita semua tau, adalah sebuah daerah yang sedang mengalami masa transisi menuju perubahan paska terjadinya Gempa dan tsunami 4 tahun silam ditambah moment yang tak akan terlupakan dalam tiap benak anak-anak Aceh Moment Perdamaian. Kondisi Aceh yang lagi membangun benar-benar buat Aceh berubah drastic, kini Aceh Pun menjadi salah satu tempat kota besar di Indonesia yaitu Banda Aceh sebagai Ibukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.


Dahulu setelah perang Kemerdekaan Aceh memiliki ke istimewaan yang sangat luar biasa , yaitu Agama, Pendidikan islam dan Adat Istiadatnya yang tidak pernah mati. Namun kejayaan Aceh paska Kerajaan Aceh dan sekarang menjadi Provinsi bisa kita lihat. Daerah Aceh diporak-poranda kan Konflik kemudian ditambah tsunami, masuklah berbagai budaya dari berbagai belahan Dunia di Aceh sehingga Aceh kembali diterpa bencana tsunami moral. Tatanan social hidup masyarakat Aceh yang mulai berubah dari sifat kekeluargaan dan sekarang berubah menjadi nafsih-nafsih.


Eh… Malam, ntah dari siapa kata itu didapat dan siapa yang melontarkan kata-kata itu pertama kali, memang sudah sepatutnya Malam itu merupakan waktu istirahat untuk setiap makhluk. Namun kata eh Malam itu menjadi sebuah sindiran bagi setiap orang. Kodisi Aceh yang masih belum labil masih membutuhkan banyak pemikiran-pemikiran segar, ntah kenapa pikiran-pikiran segar dan bermanfaat itu malah keluar dari ketika kita mencoba berfikir di malam hari. Dan kadang kita juga suka menambah kerjaan pada malam hari seakan-akan Pagi sampai sore itu adalah waktu yang sangat singkat.


Tidak hanya para pemikir dan pekerja yang coba memanfaatkan malam untuk berfikir dan bekerja, tapi malah tidak tidur pada malam hari ini (alias begadang kata Bung Roma) sudah menjadi trend bagi banyak generasi muda di Aceh. Mulai dari yang masih sekolah sampai yang kuliah, ntah kenapa semakin malam itu semakin asyik kalau kita buat macem-macem. Banyak aktivitas-aktivitas yang sangat asyik kalau kita buat malam hari, seperti game Online, chating, Ngopi sampai pagi , dan yang paling rame Peh batee yang paling asyik.


Banyak orang yang tidur malam sangat lambat bahkan ada yang tidak tidur dan tidur pagi, biasanya kita akan akan menambah jatah tidur kita beberapa jam,,, bisa jadi bangun jam 8 atau jam 9. dan kita selalu terjaga saat mentari sudah tersenyum hangat mengawali pagi.




Eh.. Malam merupakan kata yang terbentuk dari perubahan kondisi social masyarakat Aceh, eh artinya tidur dan Malam itu merupakan Malam hari, jadi eh malam itu adalah tidur pada malam hari, ntah kapan kita mau tidur. Memang kita sudah banyak mungkin membaca buku, aritcel , dengar berita mungkin kalian lebih banyak tau ni dari kita. Kalau orang yang berhasil itu orang yang memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

Kita sendiri sebenarnya tidak sadar, eh… malam itu merupakan sebuah pesan dari kawan-kawan kita yang tidak ingin kita merusak tubuh kita, memang kata eh malam itu seperti tidak berarti atau bisa jadi sebuah canda. Tapi ribuan makna tersirat dari kata indah Eh Malam itu.


Kalau kita jarang Eh malam (tidur Malam) kita akan meNjumpai berbagai banyak penyakit, banyak penelitian yang mengatakan kita akan merusak banyak syaraf tubuh kalau kita tidak tidur malam. Effect jarang eh malam banyak :

Melemahnya daya ingat karena kita selalu memaksakan otak dan badan untuk berfikir dan bekerja sampai batas maksimal.
  • Jatah istirahat kurang.
  • Pembuluh darah pada kelopak mata akan pecah, sehingga mata akan ada kantung.
  • darah rendah.
  • Kurang bersemangat.
  • Cepat tua.
  • Kita akan mengalami masa kebosanan lebih cepat.
  • Merusak sel-sel tubuh.
  • Bisa kena penyakit kuning karena selalu bangun telat.
  • Yang paling sering karena kelelahan kita bisa mengidap malaria, tipus dan deman bedarah.

Semoga generasi muda Aceh ke Depan adalah orang-orang yang mempunyai, tanggung jawab atas apa yang diamanahkan kepada mereka, ingat petuah Dalma badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Baiknya kita bisa memanfaatkan waktu isitrahat malam hari dengan Eh.. Malam.

3 komentar:

Dhe said...

duh.. panjangnya... @_@
tar balik lagi dha buat baca2 ^^
hehehe

aulia87 said...

lon tuan pih ka hanjeut eh malam 2 uroe nyoe...kiban nyoe teuma...

iriansyahputra said...

hehehehe,,,, Aulia nyan brati neu podding be lee beh...

hai pajan dron wo u aceh...

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai