PENGEMBANGAN 3 LABORATORIUM PRODI TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNAYA

Thursday, January 12, 2017


Program Studi Teknik Mesin Unaya telah menghasilkan banyak lulusan yang tersebar di seluruh Aceh bahkan sudah ada dibeberapa tempat diseluruh Indonesia. Dan Prodi Teknik Mesin Universitas Abulyatama akan terus menghasilkan lululusan yang berkualitas. 

Dalam pengembanganya tahun 2016 Labotorium mendapat hibah mesin-mesin pembuatan pakan ikan dari Universitas Abultama yang bisa digunakan untuk unit produksi dan usaha serta juga sebagai laboratorium Produksi untuk praktikum mahasiswa-mahasiswi  Prodi Teknik Mesin Unaya. 

Pengembangan Laboratorium dari satu laboratorium menjadi penting di tahun 2016 mengingat mahasiswa/i dituntut memiliki daya saing tinggi setelah menyelesaikan studi. Tidak hanya nilai IPK yang diatas 3 namun juga memiliki kemampuan tambahan sehingga bisa langsung berguna ketika mencari kerja atau bekerja pada sebuah perusahaan.

Pentingnya pengembangan laboratorium ini menjadi prioritas Program Studi Teknik Mesin Unaya yang mengembangkan 2 laboratorium tambahan yaitu Laboratorium desain dan manufaktur dan Laboratorium Produksi serta laboratorium Teknologi Mekanik merupakan yang sudah ada. 



Laboratorium Desain dan Manufaktur merupakan laboratorium yang akan digunakan untuk mengembangan ilmu pengentahuan desain yang berbasis CAD dan CAM, dimana mahasiswa setelah menguasai Gambar Teknik dan Gambar Mesin mahasiswa bisa meningkatkan kemampuannya untuk menuangkan gambar ke dalam software computer AutoCad dan solidwork serta software yang mendukung pengoperasian mesin CNC seperti MasterCam dan CAMwork.

Sedang Laboratorium Produksi akan digunakan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa/i dalam bidang proses produksi, manajemen produksi serta pengetahuan yang menyangkut sistem permesinan. 


Dan Labortorium Teknologi Mekanik akan fokus kepada pengelasan dan pengembangan produk-produk riset tepat guna.

Pengembangan Laboratorium ini sendiri masih belum maksimal dan masih banyak keterbatasan sehingga masih membutuhkan support dari pihak Universitas Abultayama dan Alumni Prodi Teknik Mesin Unaya sehingga ke depan diharapkan Prodi Teknik Mesin akan menjadi salah satu Prodi Favorit yang menghasilkan lulusan yang bisa mendukung program pengembangan industri di Aceh seperti yang di canangkan pemerintah Aceh pada tahun 2020. 

Pada Bulan Juli 2016 Prodi Teknik Mesin Unaya mendapat satu unit komputer untuk dijadikan asset Laboratorium Desain dan Manufactur, bantuan Komputer ini berasal dari Organisasi Sosial (orsos) Blood For Life Foundation (BFLF) Aceh yang kantor pusat di Lampriet Banda Aceh. 
 
perwakilan BFLF Aceh menyerahkan satu unit komputer ke Lab Prodi Mesin Unaya


Serah terima bantuan komputer dari BFLF ke Prodi Teknik mesin Unaya   

 diterima oleh Kepala Laboratorium Bapak Mukhtaddin, ST MT
 
Pimpinan BFLF Aceh Bapak Michel Oktaviono, SSTP mengharapkan komputer ini bisa digunakan untuk mahasiswa/i Prodi Mesin Unaya belajar dan meningkatkan skill berbasis computer seperti autocad dan software lainnya.

Kemudian pada bulan November 2016, Prodi Teknik Mesin Unaya mendapat 3 unit lagi bantuan Komputer untuk Laboratorium Desain dan Manufaktur dari PT WIRATAMA INDOTECH Jakarta, 3 komputer ini digunakan mahasiswa nantinya untuk mahasiswa/i Prodi Teknik Mesin Unaya yang tingkat akhir untuk menyelesaikan skripsinya dan belajar desain dengan software AutoCad dan Solidwork.
 
Kirim Komputer dari Jakarta tiba di Lab. Prodi Teknik Mesin Unaya
Pengecekan kondisi 3 komputer setelah tiba dari Jakarta


Serah terima bantuan komputer dari PT Wiratama Indotech ke Lab. Desain Manufaktur diterima oleh Kajur Teknik Mesin unaya Bapak Mukhtaddin dan disaksikan PR III Unaya Bapak Faisal ST MT


 Bantuan 4 unit komputer ini akan digunakan untuk penelitian dan mengasah skill mahasiswa/i Prodi Teknik Mesin Unaya. Dalam proses belajar mengajar di Prodi Teknik Mesin Unaya tidak semua mahasiswa/i mempunyai labtop untuk membuat skripsi/tugas dan rancangan, dengan adanya komputer 4 unit mereka bisa menggunakan untuk belajar dan membuat tugas akhir. 

kepala Jurusan Prodi Teknik Mesin Bapak Mukhtadin ST MT, menambah fasilitas koneksi internet kesemua komputer dan di install program AutoCad sehingga bisa digunakan untuk belajar desain dengan software AutoCad.

 
Mahasiswa/i Prodi Teknik mesin Unaya sudah mulai menggunakan fasilitas Komputer Lab. desain dan Manufaktur


Mahasiswa/i Prodi Teknik Mesin Unaya menjadi lebih semangat ke kampus untuk belajar.


4 unit komputer ini sangat membantu sekali dalam mendukung pengembangan Laboratorium di Teknik Mesin Unaya, dimana mahasiswa lebih bersemangat ke kampus dan beberapa mahasiswa tingkat akhir menjadi assistent laboratorium dalam rangka menyelesaikan Tugas Akhirnya. 

Semoga kedepan pengembangan Laboratorium-laboratorium semakin pesat dan Prodi Teknik Mesin Unaya menjadi salah institusi pendidikan yang menghasilkan lulusan-lulusan yang menjadi generasi Muda Aceh yang punya kompetensi tinggi dan mampu bersaing.  serta riset-riset yang digunakan akan semakin berguna bagi Aceh.

Dan Semoga Peran serta semua pihak khususnya alumni dalam membantu mengembangkan teknik mesin Unaya kedepanya semakin tinggi serta pihak jaringan alumni membantu laboratorium untuk memotivasi mahasiswa/i prodi Teknik Mesin Unaya agar lebih maju dan berkembang. 

2 komentar:

muhtadin adeen said...

bentuk ekpektasi untuk existensi almamaterku tercinta Teknik Mesin Abulyatama, terimaksih utk semua rekan, sahabat, relasi dan yang terpenting "YANG PEDULI"..terimakasih utk semua support kalian,...

What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai