Potensi Market Industri Air Conditining dan Heat Exchanger di Indonesia

Wednesday, May 28, 2014


GAMBARAN UMUM INDUSTRI TATA UDARA DAN HEAT EXCHANGER

Indonesia sebagai Negara tropis sangat potensial bagi industri  Air Conditioning System (AC) dan Heat Exchanger Equipment. Dimana kondisi tropis yang memiliki 6 bulan musim panas yang melanda hamper seluruh wilayah Indonesia. 



Suhu Panas ini sudah tentu sangat berpengaruh dengan kehidupan masyarakat Indonesia baik kehidupan pribadi maupun aktifitas kerja serta juga ini akan berpengaruh bagi industry-industri seperti industry makanan, kimia, obat-obatan dan juta gedung-gedung perkantoran.

Untuk gedung perkantoran sangat dibutuhkan sistem tata udara (AC) untuk membuat para pekerja kantor nyaman selama bekerja 8 jam. Begitu juga untuk dunia industri-industri yang memerlukan kondisi temperatur yang rendah dan khusus ini bisa direkayasa dengan sistem tata udara yang baik. 


Untuk industri-industri besar baik industri minyak dan gas dan industri besar sering menggunakan alat tata udara dan juga alat penukar kalor (heat exchanger) untuk menghasilkan produk-produk hasil pengolahan industri. 


Banyak industri-industri yang melakukan produksi di Indonesia merupakan salah satu potensi pasar untuk pemasaran produk-produk Air Conditioning dan Heat Exchanger Equipment. Namun produk-produk tersebut rata-rata merupakan produk-produk import dari berbagai Negara industri seperti Jepang, Korea dan China.  

Tidak hanya produk-produk air conditioning dan heat exchanger juga yang di impor tapi sparepart produk-produk air conditioning dan heat exchanger harus juga diimport sehingga bagi industri ini bisa menjadi beban operasional ketika adanya maintenance dan repair dari produk air conditioning dan heat exchanger tersebut. 


Hasil observasi yang penulis lakukan di daerah Kota Bekasi dan Cikarang hanya beberapa industri saja yang konsentrasi pada pengembangan alat-alat tata udara (air conditioning) dan peralatan penukar kalor (heat exchanger) yang produk-produk usaha tersebut memiliki kualitas hampir sama dengan produk impor.


Salah satu perusahaan yang saya lakukan observasi adalah PT. WIRATAMA INDONTECH yang terletak di Pondok Gede Bekasi, yang sudah beroperasi dari tahun 2003.



PROFILE PT. WIRATAMA INDOTECH

Berdiri pada tahun 2003 sebagai sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang  spesialisasi tata udara dan pendingin, secara khusus desain, konstruksi, perawatan dan perbaikan Finned Tube dan Shell & Tube Heat Exchanger yang diharapkan mampu menjadi mitra kerja serta mengembangkan fungsi dari heat exchanger yang beraneka ragam fungsi sesuai dengan kebutuhan dibidang industri maupun bangunan komersial.



PT. Wiratama Indotech memberikan berbagai pelayanan produk-produk tata udara dan pendingin dimana, produk-produk tersebut sesuai dengan kebutuhan pasar dan dikerjakan oleh tenaga-tenaga professional sehingga memberikan pelayan terbaik kepada semua costumer.

Untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan, manajemen PT. Wiratama Indotech berkomitmen bahwa semua kegiatan baik pekerjaan desain, konstruksi, perawatan dan perbaikan dapat diselesaikan dengan tepat waktu, sesuai kualitas yang telah disepakati dengan pelanggan serta biaya yang efisien dan kompetitif. Untuk mencapai hal tersebut, aspek keselamatan dan kesehatan kerja juga menjadi prioritas tertinggi dari jajaran manajemen PT. Wiratama Indotech sampai dengan tingkat staff karyawan serta pekerja konstruksi.




Office & Workshop

Jl. Komodo blok D No. 61 Jati Bening, Pondok Gede, Bekasi
Phone:021-8497 0593 #
Fax: 021-8488 569 #

Website : wiratamaindotech.co.id



             ptwiratama@gmail.com




POTENSI PASAR PRODUK AIR CONDITIONING SISTEM DAN HEAT EXCHANGER

Berdasarkan observasi dan survey, penulis mendapat informasi dari PT WIRATAMA INDOTECH mengenai potensi pasar untuk produk-produk sistem tata udara (air conditioning sistem) dan peralatan penukar kalor (heat exchanger Equipment), informasi tersebut dapat dilihat dibawah ini : 


NAMA PRODUK                                            POTENSI PASAR

Coil Condenser Chiller & Split Duct   :  Pabrik-Hotel-Mall-Gedung perkantoran,  
                                                          Rumah sakit, Offshore dan Kapal

Coil Evaporator                               : Pabrik-Hotel-Mall-Gedung perkantoran, 
                                                         Rumah sakit, Offshore dan Kapal

Coil AHU                                         : Pabrik-Hotel-Mall-Gedung perkantoran-Rumah sakit                                                          Off shore dan Kapal

After Cooler                                    : Pabrik

Inter Cooler                                     : Pabrik

Remote After Cooler                       : Pabrik

Air Dryer                                         : Pabrik

Steam Coil                                       :Pabrik

Air Heater                                        : Pabrik

Shell and Tube Evaporator/Cooler     : Pabrik, Hotel, Mall, Gedung perkantoran,   
                                                          dan Rumah sakit

Shell and Tube Condenser                 : Pabrik, Hotel, Mall, Gedung perkantoran, 
                                                          Rumah sakit-Off shore dan Kapal

After Cooler                                     : Pabrik

Oil Cooler                                         : Pabrik dan Kapal


berikut beberapa produk-produk hasil produk dari PT WIRATAMA INDOTECH : 


Coil HU untuk Project Plaza Senayan














Retubing Cooler














Steam Oil Vertical

1 komentar:

Mau tahu juga cara kerja Heat Exchanger kunjungi www.dianheatexchanger.blogspot.com

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai