CACATAN TIGA BULAN DI IBU KOTA JAKARTA…….

Monday, May 19, 2014


Tidak terasa waktu terus berjalan, dan hari pun bertambah. Dari akhir bulan Februari 2014 saya sudah berada di Jakarta, memang ini bukan kunjungan yang pertama tapi ini jadi yang paling lama karena saya dapat kesempatan untuk tinggal lebih lama dan menggali pengalaman di Ibu Kota Indonesia. Banyak pelajaran yang saya dapatkan selama tinggal disini dari berbagai segi kehidupan. Banyak pelajaran yang saya peroleh jadi beban juga kalau tidak dishare, semoga bisa jadi masukan yang bermanfaat bagi semua orang.


Dari Provinsi Aceh yang nan jauh diujung pulau Sumatra mungkin bagi yang pertama datang akan terkagum-kagum di Jakarta dengan kemegahan yang di tawarkan Jakarta, gedung, Mall, Pusat perbelanjaan, kampus yang super lengkap dan lain-lain. 

Yang Saya rasakan adalah ketidakadilan yang luar biasa perbedaan antar kota-kota di Jawa (dekat dengan Ibu Kota) yang begitu maju dan terus berkembangan dimana berbagai infrastruktur sangat lengkap. Yaa.. kalau diambil contoh liat saja Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi yang maju kian pesat infrastruktur nya yang megah, Jalan toll an dan infrastruktur lainnya. 

Namun bicara tidak adil pun…. Tidak ada artinya karena semuanya di tangan Pemerintah Pusat, dan juga “ketidakmajuan Aceh” saat ini juga terdapat di pejabat-pejabat Aceh yang duduk sebagai Pemerintah Aceh. 

Walaupun merasa tidak adil, tapi tetap harus kita terus berbuat untuk berbagi dan terus berbuat untuk membantu sesama, untuk itu saya ingin buat rangkuman apa yang dapat ilmu di Jakarta, kalau tidak baik jangan diambil Gan….

Baikk kita mulai yaa   

Tranportasi massal yang terintegrasi
Saya datang dengan modal badan aja tidak ada kendaraan yang saya bawa dari Aceh, namun modal nekat dan informasi yang cukup bisa membuat kita tidak nyasar di Jakarta. Memang kita mengenal Jakarta penuh dengan kemacetan namun pengamalaman saya selama disini saya menggunakan transportasi KRL (commuterline Jakarta) yang hamper menjangkau seluruh Jakarta, Bogor, Tanggerang, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek). Dimana biaya perjalanan sangat murah meriah Rp. 2.500,- per lima stasiun walaupun kadang berdesak-desakan, kadang sepi dan juga kadang harus berdiri trus sampai stasiun akhir tidak masalah karena memang pilihan itu.

Walaupun kadang sering sesak di jam-jam masuk kantor dan pulang kantor, ada banyak hal yang bisa saya petik disini diantaranya : 

  • Sistem KRL terintegrasi dengan banyak transportasi public lainnya, dimana seperti stasiun kereta Api terintergrasi (terhubung) dengan Koridor busway sehingga tidak perlu berjalan begitu jauh, kadang dekat kadang lumayan jauh, kemudian akses ke kendaraan minibuss Oplet, microlet, taxi, kopaja, Bus antar kota juga begitu dekat. Sehingga berbagai kemudahan bisa diperoleh ketika seseorang menggunakan transportasi public. Dan semoga model transportasi yang teringrasi seperti ini bisa jadi contoh untuk daerah-daerah lain di Indonesia.

 
Peta Rute KLR Jabodetabek

Peta rute transjakarta yang teringrasi dengan terminal Bus dan Stasiun KRL


  • Bus Patas AC untuk menguhubungkan pusat-pusat keramaian, ini membuat kenyamaan yang luar biasa, kalau yang naik KRL turun dari KRL bisa menunggu di Halte atau masuk Koridor Transjakarta ada bisa naik bus AC, kalau naik BUS Patas AC agak sedikit kurang nyaman ketika anda berpergian ke Bekasi Karen ada pengamen yang masuk, tapi kalau anda menggunakan APTD (angkutan perbatasan) dari Koridor busway ini sangat nyaman karena tempat duduk sedikit dan full AC.
Bus Patas AC yang terigrasi dengan angkutan umum lainya


             Kamu liat juga nie angkutan umum Bis Patas, microlet , kopaja dan angkot yang terintegrasi sama busway (transjakarta) dan KRL Jabodetabek.


BIS APTB yang terintegrasi dengan koridor Busway


                  Dan kamu bisa liat angkutan Umum untuk ibu Kota Jakarta
        download disini ----> Rute angkutan umum DKI Jakarta

  • Terintegrasi dengan Ojek dan Taxi, begitu turun bus, damri, KRL atau busway dan pusat keramaian, tukang ojek sudah nongkrong di tempat yang mudah diaccess, seperti pada stasiun KRL, tukang ojek sudah menawarkan diri sebelum kita keluar dari stasiun, ya tergantung kita mau pilih yang mana, biasanya dengan ojek lebih cepet kemana2, karena mereka sudah hafal lok


Pusat perbelajaan yang khusus
Disamping Mall-mall yang besar dan megah, Jakarta bisa di jumpai pusat-pusat penjualan barang yang khusus, seperti pusat grosir pakaian dan tekstil terbesar di ASEAN yaitu Pasar Tanah Abang dapat dilihat bagaimana geliat ekonomi dan perputaran uang disini yang luar biasa, di Tanah Abang ini ditawarkan paasar model tradisional dan pasar modern sehingga pilihan yang begitu banyak. 

.

 
Pusat Grosi Tanah Abang Jakarta

Tempat Hidup bagi yang punya skill
Memang banyak pengalaman bilang kalau cari kerja itu susah di Jakarta karena harus bersaing dengan ribuang orang bahkan ratusan ribu, namun Jakarta itu bisa ditaklukan bagi mereka yang mempunyai pengalaman, skill dan semangat kerjakeras yang tinggi, mungkin bagi kawan-kawan yang mau tinggal dijakarta kudu punya skill sehingga waktu apply kerja di Jakarta bisa mudah. Disamping itu juga terus berdoa biar dimudahkan rejeki.


     Fasilitas Pendidikan yang memadai
Nah ini salah satu buat yang gak adil… dimana banyak kampus di Jakarta baik swasta dan negeri begitu lengkap sehingga memudahkan mahasiswa menimba ilmu, pengelaman saya mengunjungi UI dan Universitas Gunadarma itu sangat luar biasa di samping fasilitas lengkap, access jurnal free di halaman kampus dan juga mahasiswa-mahasiswa yang kreatif membuat suasana belajar di Kampus begitu hidup dan bisa menginkatkan kecerdasan.


     Pusat Buku Murah Meriah
Ini yang jarang banyak di kota-kota lain, pusat buku murah meriah ini sering nya ada disekitar kampus, disamping buku baru juga ada buku-buku bekas yang harga nya miring, berbagai produk buku ada.. sehingga yang mau baca tinggal menyebutkan buku saja.. langsung ada tu bukunya.
 
Toko Buku murah terminal Senen

     Budaya Jalan dan Olahraga
Yang lucu disini walaupun banyak access kendaraan umum untuk kemana aja, masih banyak yang suka berjalan dari satu tempat ke tempat lain, ya mumpung macet jadi jalan aja… namun ini sering di jumpai, contoh kalau pengalaman saya liat di UI, antar gedung di kasih access jalan yang di beri atap sehingga bisa adem waktu jalan, kemudian di daerah thamrin saya suka jalan dengan banyak orang disitu. Nah giliran sabtu minggu itu.. rame banget yang olahraga atau sekedar jalan2 pagi.. memang sih kalau di liat ini seperti budaya hidup sehat, di berbagai pusat olah raga pada penuh.


     Donor darah di Pusat Perbelanjaan
Nah yang satu ini buat saya kaget, waktu main-main ke Pasar Tanah Abang gedung belanja baru, waktu menuju mesjid tanah Abang yang terletak di Lantai Akhir Gedung Pasar Tanah Abang, nah saya kaget liat ada kampanye donor darah serta juga ada Unit Donor Darah (UDD) yang bisa buat siapapun mau donor, gak kebayang aja.. disamping belanja di Tanah Abang bisa sekalian donor.. hal ini luar biasa banget dan ini bisa jadi contoh besar untuk Pusat pembelajaan di daerah-daerah lain.

 
Poster kampanye donor darah di Pusat Grosir Tanah Abang Jakarta

     Perayaan hari Besar di barengin dengan donor darah
Ini yang saya liat di dekat tempat saya tinggal di Depok, ada poster besar terpampang informasi kegiatan “Perayaan Isra Mi’raj” yang dibarengin donor darah, wuihh.. keren dapat double pahala, udah denger khutbah dapat ilmu bisa bareng juga dengan donor darah… mantap ni Gan.


    Malu bertanya sesat atau jalan-jalan ya..??
Bagi yang berani Jakarta ini enak kok untuk jalan-jalan asal mau bertanya, modal nya google maps dan sedikit informasi tentang tujuan kita, langsung go. Pengalaman saya ya jalan2 di daerah kecamatan-kecamatan di Jakarta, ya saya tinggal Tanya aja. Tips kalau mau nanya arah atau tempat harus Tanya dengan tegas, jangan kayak orang bingung, kalau bingung nanti bisa dikerjaain, Tanya sama tukang ojek atau supir taxi atau kios2 gitu, dan biasanya mereka akan kasih tau tempat yang kita tuju.



Sementara segini dulu apa yang saya dapatkan di Jakarta selama tiga bulan, memang sih gak semua orang bisa sama namun ya kita share aja semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai