Pengembangan Pustaka Mini di Teknik Mesin Universitas Abulyatama Aceh

Tuesday, April 16, 2013
SARANA PENDIDIKAN
Universitas Abulyatama didirikan pada tahun 1983 dan memiliki gedung dan fasilitas belajar lainnya yang berada dalam satu kompleks milik sendiri di areal kurang lebih 40 Ha, yang terdiri dari Ruang Belajar/Perkuliahan, Perpustakaan Induk, Laboratorium Anatomi, Farmakologi, Biologi Medik, Kimia Medik, Patologi Klinik, Fisiologi, Fisika Medik, Parasitologi, Histologi Patologi Anatomi, Biokimia, Mikro Teaching dan Mikro Biologi, serta Laboratorium Elektrik, Teknik Pertanian, Perikanan, Komputer dan Kesehatan, Lapangan Olah raga dan Tempat ibadah. 

SEKILAS UNIVERSITAS ABULYATAMA ACEH



 Logo Universitas Abulyatama Aceh
 
Universitas Abulyatama (UNAYA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta diaceh yang terus berkembang menuju universitas terkemuka di Indonesia. Didirikan oleh Yayasan Abulyatama Aceh, dengan tujuan membawa dampak yang positif dalam usaha pembangunan dan turut serta mencerdaskan bangsa melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan semangat pembaharuan, mengajak dan memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik di Indonesia untuk memacu prestasidan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa Indonesia yang berilmu, beriman, dan bertaqwa melalui program-program pendidikan Strata Satu (S1), Diploma Tiga (D-III), dan Diploma Empat (D-IV) dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Pengelola dan tenaga-tenaga pendidik/dosen UNAYA terdiri dari lulusan berkualitas dari berbagai perguruan tinggi ternama terbaik dari dalam maupun luar negeri yang mempunya gelar akademi Doktor, Magister, dan Sarjana serta Spesialis dengan jenjang jabatan akademik: Lektor, Lektor Kepala dan Profesor.

JURUSAN TEKNIK MESIN (JTM) UNAYA
Jurusan Teknik Mesin (JTM) Fakultas Teknik Universitas Abulyatama  (UNAYA) merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi swasta yang selama ini menjadi salah satu institusi pendidikan Teknik Mesin yang mampu bertahan dengan berbagai kekuranganya. Jurusan Teknik Mesin (JTM) memiliki total mahasiswa lebih kurang 50 orang mahasiswa dari angkatan 2006 sampai 2012, hal ini sangat riskan tentunya mengingat jumlah mahasiswa merupakan aset bagi suatu kampus.

Seperti mati, namun masih hidup itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi JTM Unaya ini. Jurusan Teknik Mesin  Unaya ini memiliki fasilitas 1 Laboratorium Pengelasan dan Kerja Bangku dengan ukuran 10 M x 5 M dan satu ruang belajar 10 M x 5 M yang digabung dengan ruang dosen. ada beberapa mesin bubut dan mesin frais yang tidak dapat difungsikan lagi dan sekarang ini hanya menjadi pajangan kemegahanya dimasa lalu. kondisi kekurangan ini membuat mahasiswa hanya belajar mengikuti kurikulum kemudian pulang sehingga semangat dan kreatifitasnya  tidak bisa diterapkan karena terbentur fasilitas.

Gambar 2. Laboratorium Pengelasan dan Kerja Bangku JTM Unaya

Kondisi yang sangat minim fasilitas ini tidak membuat para dosen patah semangat meskipun para petinggi-petinggi kampus berencana menutup Jurusan Teknik Mesin karena tidak lagi menjadi omset bagi universitas dan Yayasan. melihat kondisi seperti itu beberapa alumni Jurusan Teknik Mesin Universitas Syiah Kuala yang baru menyelesaikan studinya menggagas pengembangan "Pustaka Mini" untuk memberikan sumbangan beberapa referensi serta bahan kuliah sehingga para mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin mendapat banyak bahan belajar yang jika mereka membeli tentunya akan menghabiskan banyak biaya. tambahan referensi ini sangat membantu baik bagi dosen-dosen karena tersedianya bahan-bahan kuliah meskipun bukan semuanya buku tapi bahan kuliah fotocopyan bahan kuliah  namun banyak bisa digunakan untuk bahan ajar. berikut ini proses penyerahan buku-buku tentang teknik mesin dan fotocopyan bahan-bahan kuliah kepada Jurusan Teknik Mesin Universitas Abulyatama :


 Gambar 3. Diskusi Penyerahan Buku-buku Teknik Mesin dan fotocopyan bahan kuliah
di ruang belajar Lab. Mesin Unaya


 Gambar 4. Pengecekan buku-buku dan fotocopyan yang akan diserahkan


  Gambar 5. Seremonial Penyerahan buku-buku dan fotocopyan bahan kuliah


 Gambar 6. Sambutan Ketua Jurusan Teknik Mesin Unaya Bapak Yusrizal, ST., MT


 Gambar 7. Serah terima buku kepada mahasiswa yang dari salah satu alumni Teknik Mesin
Unsyiah diwakili oleh Sdr. Zulhaiban, ST 



Gambar 8. Saudara Zulhaiban, ST memberikan sepatah duapatah kata sambutan

Gambar 9. beberapa buku dan fotocopyan yang sudah diserah terimakan kepada 
Jurusan Teknik Mesin Universitas Abulyatama Aceh


Besar harapan kami kedepan makin banyak buku-buku mengenai teknik mesin yang dapat diberikan kepada "Pustaka Mini" ini, meskipun Jurusan Teknik Mesin Unaya merupakan kampus swasta yang minim fasilitas dengan adanya pustaka mini ini diharapkan juga mampu memberikan semangat baur untuk mengembangkan ide-ide kreatif yang bisa diterapkan bagi masyarakat luas serta untuk menambah daya dan kemampuan bagi-bagi mahasiswa calon pemimpin-pemimpin masa depan.

Salam Solidaritas "M" Forever....

2 komentar:

Anonymous said...

luar biasa

Anonymous said...

semangaaaaaaatt !!!!!!!

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai