Perpindahan Panas

Sunday, October 3, 2010

Perpindahan panas didefinisikan sebagai perpindahan energi dari suatu daerah ke daerah lainnya sebagai akibat adanya perbedaan gradien suhu antara daerah-daerah tersebut.


Apa yang ada dalam perpindahan, yang disebut panas tidak dapat diukur atau diamati secara langsung, tetapi pengaruhnya dapat diamati dan diukur. Aliran panas, seperti halnya pelaksanaan kerja adalah suatu proses dimana energi sistem dapat diubah. Pada dasarnya semua teori-teori perpindahan panas dan formulasi-formulasinya menerangkan bagaimana energi berpindah dari suatu sistem ke sistem lainnya.


Karakteristik Perpindahan Panas


Menurut Kreith (1991),Perpindahan panas dari suatu zat ke zat lain seringkali terjadi dalam industri proses. Pada kebanyakan pengerjaan, diperlukan pemasukan atau pengeluaran panas, untuk mencapai dan mempertahankan keadaan yang dibutuhkan sewaktu proses berlangsung. Kondisi pertama yaitu mencapai keadaan yang dibutuhkan untuk pengerjaan, terjadi umpamanya bila pengerjaan harus berlangsung pada suhu tertentu dan suhu ini harus dicapai dengan jalan pemasukan atau pengeluaran panas. Perpindahan panas ada tiga macam yaitu:


1. Perpindahan panas konduksi

2. Perpindahan panas konveksi

3. Perpindahan panas radiasi

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai