pengertian Kalor

Sunday, October 3, 2010

Kalor adalah bentuk energi yang berpindah dari temperatur tinggi ke temperatur rendah, jika suatu benda menerima atau melepaskan kalor maka temperatur benda itu akan naik atau turun dan wujud dari benda itu akan berubah. Kalor adalah suatu bentuk energi yang dapat dipindahkan, tetapi tidak dapat dihilangkan. Kalor berbeda dengan suhu, karena suhu adalah ukuran dalam satuan derajat panas. Kalor merupakan suatu kuantitas atau jumlah panas baik yang diserap maupun yang dilepaskan oleh suatu benda. Kalor juga merupakan suatu bentuk energi. Kalor dapat dibedakan dalam tiga macam, yaitu:


1. Kalor Jenis

Kalor jenis suatu zat adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kilo zat itu sebesar derajat celcius (10C). Bilangan kalor jenis dinyatakan dengan satuan Kkal/Kg 0C.


2. Kalor Laten

Kalor laten atau yang disebut dengan panas laten adalah kalor yang diperlukan untuk mengubah wujud zat padat menjadi cair, dan cair menjadi gas atau sebaliknya. Satuan kalor laten adalah joule, kalori atau BTU.


3. Kalor Sensible

Kalor sensible adalah jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan atau menurunkan suhu suatu benda. Satuannya dalam joule, kalori atau BTU.


0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai