Marzuki Alie: DPR Tak Perlu ke Lokasi Bencana

Saturday, October 30, 2010

INILAH.COM, Jakarta - Ketua DPR Marzuki Alie menyatakan anggota DPR tidak perlu datang ke lokasi bencana untuk membantu korban dan pemulihan pascabencana. Alasannya, itu merupakan tugas pemerintah. "Posisikan itu dengan clear. Jangan semuanya oleh DPR. Menteri yang berkaitan dengan tanggap darurat itu yang seharusnya turun. Presiden juga seharusnya tidak usah turun, tapi kalau untuk memotivasi dan menyampaikan empati boleh saja," kata dia di Jakarta, Kamis (28/10/2010).


Menurutnya, DPR hanya akan mengawasi dan melihat hasil penanganannya saja. DPR nantinya akan membentuk tim khusus disamping komisi VIII terkait rekontruksi setelah bencana. "Yang penting nanti, DPR melakukan pengawasan di sana, apa yang sudah dilekaukan pemerintah. Selain itu juga melihat soal anggarannya," tegas Marzuki.

Marzuki meminta kepada Pemerintah, khususnya menteri terkait untuk melakukan penanganan sebaik-baiknya. "Kita harap yang bertugas melakukan langkah-langkah tanggap darurat bisa melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan seluruh kementerian yang terkait," kata Marzuki.

Terkait bencana tsunami di Mentawai, Sumatra Barat Marzuki menyatakan duka cita. Menurutnya, nyawa manusia sangat mahal dan berharga karena itu dia menyarankan warga di daerah-daerah yang rentan akan bencana bisa direlokasi.

Terutama di kawasan gempa dan rentan tsunami.
Sehari sebelumnya, Marzuki menilai bencara di Mentawai itu harus diterima dengan lapang dada. Sebab, itu merupakan risiko orang yang tinggal di tepi pantai. Menurutnya, kalau takut ombak maka hangan tinggal di pinggir pantai. "Ya pulau kesapu sama ombak besar kesapu tsunami mungkin konsekuensi orang yang tinggal di pulau," tandas Marzuki. [TJ]

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai