Pemimpin Republik Islam Iran "Mahmud Ahmadinejad", layak di contoh kesederhanaannya.....

Thursday, February 11, 2010
Iran adalah salah satu negara Timur Tengah yang bener-bener menetang Israel dan Amerika, dengan pengembangan Teknologi yang penuh kemandirian Republik Islam Iran terus maju Tak gentar dengan berbagai ancaman, hal ini tidak telepas dari sosok sang Presiden Ahmadinejad, yang terus berupaya meningkatkan kemampuan iran sejajar dengan negara-negara “super power” lainnya. Tak sedikit manusia di dunia ini mengakui sosoknya kesederhaan Presiden Negara mereka dan rakyat pun mendukung sang presiden.


inilah gambaran Ahmadinejad, yang membuat orang ternganga dan terheran-heran :
  • Saat pertama kali menduduki kantor kepresidenanIa menyumbangkan seluruh karpet Istana Iran yang sangat tinggi nilainya itukepada masjid-mesjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

  • Ia mengamati bahwa ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan menanyakan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan 2 kursi kayu, meski sederhana tetap terlihat impresive

  • Di banyak kesempatan ia bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

  • Di bawah kepemimpinannya, saat ia meminta menteri-meterinya untuk datang kepadanyadan menteri-meteri tersebut akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya, arahan tersebut terutama sekali menekankan para menteri2nya untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi,sehingga pada saat menteri-menteri tersbut berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

  • Langkah pertamanya adalah ia mengumumkan kekayaan dan propertinya yang terdiri dari Peugeot 504 tahun 1977, sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran. Rekening banknya bersaldo minimum, dan satu2nya uang masuk adalah uang gaji bulanannya.

  • Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$ 250.

  • Sebagai tambahan informasi, Presiden masih tinggal di rumahnya.Hanya itulah yang dimilikinyaseorang presiden dari negara yang penting baik secara strategis, ekonomis, politis, belum lagi secara minyak dan pertahanan.Bahkan ia tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

  • Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari selalu berisikan sarapan; roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

  • Hal lain yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan, ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

  • Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri-meterinya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri-menteri nya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan. Ia juga menghentikan kebiasaan upacara-upacara seperti karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempatdi negaranya.

  • Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yg tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut. Apakah perilaku tersebut merendahkan posisi presiden? Presiden Iran tidur di ruang tamu rumahnya sesudah lepas dari pengawal-pengawalnya yang selalu mengikuti kemanapun ia pergi. Menurut koran Wifaq, foto-foto yg diambil oleh adiknya tersebut, kemudian dipublikasikan oleh media masa di seluruh dunia, termasuk amerika.


  • Sepanjang sholat, anda dapat melihat bahwa ia tidak duduk di baris paling muka



  • Bahkan ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat dimanapun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa




  • Prinsip harus menghormati prinsip lainnya, salaman dengan bukan muhrim akan di tanggapi dengan ’salaman’ bentuk lain yaitu anggukan. Sama-sama dengan maksud saling menghargai, bukan?



  • Berbicara tegas namun apa adanya, membuat lawan-lawan politiknya kesulitan mencari titik lemahnya.
  • Wawancara seorang Presiden bukan di tempat yang ‘agung’ namun di tempat yang agung dalam arti sederhana tempatnya, namun tinggi nilainya.


  • baru-baru ini dia baru saja mempunyai Hajatan Besar Yaitu Menikahkan Puteranya. Tapi pernikahan putra Presiden ini hanya layaknya pernikahan kaum Buruh.. .sederhana sekali...............

Berbahagialah Rakyat Iran...
Semoga di Negeri kita akan lahir pemimpin-pemimpin seperti sosok Presiden Ahmadinejad


Sumber : - di tag dari seorang sahabat di FB
- http://trisetyarso.files.wordpress.com/

9 komentar:

indotop said...

Pemimpin yang sangat menarik.

mabro said...

info nya keren dan bermamfaat...seandainya saja presiden2 di dunia seperti dia yang tak mementingkan gengsi, Insya Allah aman dunia.

back link juga ya ke blog saya

Anonymous said...

mantep bro...
tapi sayangnya dia syiah wal rafidhah...

Anonymous said...

Diihhh emang kenapa kalo dia Syi'ah Imamiyah ? Yang penting adalah keteladanan pribadi beliau, dan kalau mau diukur, adakah pemimpin Ahlusunnah masa sekarang yang bersikap sederhana seperti beliau? Yang penting ISLAM ... kasian banget sih otak kalo sudah terkotak-kotakan :p

Anonymous said...

SELAMA ALLAH YNG ESA THUNANYA DAN MUHAMAD SAW ROSULNYA KURAN KITAB SUCINYA

Anonymous said...

SELAMA ALLAH YANG ESA TUHANNYA DAN MUHAMAD SAW ROSULNYA QURAN KITAB SUCINYA OKE OKE AJA BRO....! SYIAH IMAMMIYAH ITU TAK SESAT CUMAN BEDA MAZDHAB YANG SESAT TUH AHMADYIAH..DIA PUNYA ROSUL SENDIRI DAN KITAB SUCI YANG NIRU NIRU QURAN TAJQIROH NAMANYA...GHULAMAHMADD NABINYA.

Anonymous said...

klo indonesia presidennya begini mapus semua pejabat ga bisa apa2 dan pasti ga mau jadi pejabat mending jadi tukang ledeng hehehe nice infonya gan subhanallah........masih ada pemimpin seperti itu

Anonymous said...

patut dicontoh, karena beliau memakai ajaran rosul kita yg mulia, suci, juga pemberani ........ semoga bangsa iran mendapat tempat yg terhormat didunia ...

Anonymous said...

Subhanallah... Semoga Allah selalu menjaga & melindunginya.

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai