Tips Membuat Hidup Menyenangkan

Saturday, November 21, 2009

Sejak manusia dilahirkan ke dunia dimana kita mulai merangkai tiap langkah untuk jalani hidup masing-masing yang sesuai apa yang ditetapkan sama Tuhan Yang Maha Kuasa. Dari kita kecil mulai merangkak sampai kita tumbuh, dari mulai kita mencari jati diri sampai kita sendiri bingung kemana lagi kita melangkah, nah mungkin saya sendiri belum meraih semuanya tapi terus saya belajar memaknai hidup banyak intisari yang bisa saya dapatkani. Walaupun saya masih muda dan belum masuk kategori orang sukses tapi bagi saya sendiri inilah hidup saya dan sukses itu bagi gak harus kaya, gak harus banyak uang, gak harus punya mobil bagus gak harus punya pacar super model atau apapunlah, nah mungkin ini ada sedikit kita menuju hidup menyenangkan :


Hidup Seperti Air Mengalir (life like water flow)

Sering kita dengar orang lain bilang kalau kita merasa hidup susah dan banyak cobaan sampe kita gak sanggup menghadapinya, banyak masalah yang timbul tapi gak ada solusinya dan berbagai persoalan yang susah untuk diselesaikan dan masih banyak lagi. Kadang kala kita memiliki impian untuk hidup lebih dari apa yang kita mampu dan kita merasa kita mampu untuk meraihnya dan kita merasa bahwa kita pantas meraihnya, kadang dengan kegoan dan kesombongan kita, kita selalu melawan ketetapan Tuhan yang Maha Kuasa dan jika kita gagal atau kita tidak kuat mendapat cobaan kita selalu menyalahkan Tuhan Yang Maha Adil.

Hidup seperti Air mengalir, nah ini kata yang tepat. Banyak makna dan pesan dibalik air mengalir, kenapa hidup disamakan dengan air, ini sebuah pertanyaan yang sulit dijawab, tapi saya mencoba menjawab sesuai dengan apa yang saya bisa. Sifat dasar air mengalir dari tempat yang tinggi ke yang tempat yang rendah, hal ini membuat sungai selalu mengalir untuk mencari tempat yang dapat menampungnya laut atau danau. Nah kebiasaan air ini mengalir dari sumber nya (mata air) menuju laut namun gak semua mulus tapi berkelok-kelok, dan kadang kala air yang tenang itu menjadi keruh dan kacau karena banyak batu-batu yang memecah keheningan aliran dan membuat air kehilangan ketenanganya. Nah begitu juga hidup, hidup itu gak semuanya berjalan seperti yang ktia harapkan banyak cobaan dan ujian untuk membuat hidup ktia manis dan membuat kita belajar hidup penuh dengan lika-liku.

Kita selalu menganggap air sebagai benda cair sahabat dan kebutuhan utama manusia, tapi air memiliki suatu yang special, air memiliki kekuatan jika dia disatukan dalam satu wadah atau alirannya dibendung maka dia memiliki perlawana yaitu tekanan air, nah yang patut kita contohi dari air mengalir ini adalah walaupun banyak batu menghalangi air mengalir tapi air terus mengalir, jika kita menahan sebuah sungai, kita hanya mampu menahanya sebentar dan air secara alami air akan mencari celah untuk mencari ruang membuat aliran baru untuk meraih satu tujuan yaitu laut. Begitu juga seharunya manusia, walaupun kita dihadang oleh berbagai persoalan hidup kita harus kuat dan berupaya menumukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan berbagai persoalan untuk mencapai diup yang lebih baik dan jangan pernah menyerah dengan keadaan. Ini sedikit yang dapat dipetik dari air yang mengalir.


Berfikiran yang positif (Positive Thinking)

Kita hidup selalu penuh berinteraksi atau memerlukan orang lain karena kita makluk social, nah sering kali kita mempunyai banyak teman yang berbeda-beda karakter atau prilaku masing-masing, kadang-kadang ada tindakan yang mebuat kita risih atau membuat kita tidak nyaman dan kadang kita merasa bahwa rekan kita tidak senang dengan kita, tidak sedikit persoalan ini menjadi sebuah beban pikiran kita, hal ini sering sekali mengganggu hidup kita dan hal ini akan membuat kita terhalang untuk maju karena kita sibuk memikirkan apa yang orang pikirkan tentang kita.

Kenapa kita tidak berfikir positif saja tentang apapun, karena kita tahu kita juga manusia tidak sempurna, dan mungkin lebih baik anggap saja apa-apa orang yang tidak suka terhadap kita sebagai bahan pelajaran buat kita merubah hidup lebih baik.


Mencari banyak Teman (friendship)

Teman menjadi sebuah kebutuhan dalam mengisi hidup kita, kita bisa menyebunyikan siapa kita kepada orang-orang yang kita cintai tapi yang lebih tau kita adalah teman kita, teman adalah cermin kita dimana teman bisa menilai kita dalam semua aspek, dan tidak sedikit permasalahan kita dapat diselesaikan oleh teman kita.

Kenapa kita harus mencari banyak teman, tiap langkah kita kedepan kita tidak pernah tau apa yang terjadi selanjutnya, teman bisa saja hadir ketika kita butuhkan, disaat ada keperluan mendesak teman bisa memberikan solusi untuk setiap permasalah, dan kita teman juga membutuhkan kita sebagai salah satu ketergantungan dalam hidup. Ketika butuh pekerjaan, jika kita ada teman di suatu perusahaan teman kita mungkin akan memberi rekomendasi kepada pimpinan perusahaan tersebut bahwa kita bisa bekerja ditempat itu, hal ini terjadi karena secara alami kita terseleksi secara instant dan kepercayaan terhadap kita lebih tinggi dari pada orang lain yang belum dikenal. Ini adalah sebuah contoh penting sebuah tali pertemanan dan kalau bisa kita membuka perteman tidak hanya sebatas orang kampong kita saja, suku, atau bangsa kita saja mungkin kita membuka network yang lebih jauh lagi, karena semua teknologi sekarang sudah mendukung untuk membuat pertemanan.


Cintai Pekerjaan (loving Job)

Apapun pekerjaan yang kita raih itu adalah rejeki kita, dan harus kita terima dan bagaimana kita mencintai pekerjaan itu, karena dengna mencintai pekerjaan yang kita lakukan itu bisa meringankan beban kita dalam bekerja. Disamping kita meningkatkan kapasitas dan kemampuan kita agar posisi kita dapat meningkat.

Bekerja dengan sepenuh hati, itu yang harus kita lakukan, ada kalanya orang melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati apabila pekerjaan itu sesuai dengan hobby kita, seperti para penulis, pelukis, photographer, atlit dan banyak lagi. Namun rejeki kita sudah diatur tidak sedikit kita bekerja jauh dari hobby kita, namun walaupun itu berat dan pahit harus kita jalani.


Kurangi Mengeluh, perbanyak Syukur dan bersabar

Perbanyak syukur ini mungkin ini sedikit yang kurang dari kita, sebenarnya hidup ini juga harus diisi dengan kesabaran yang tinggi dan kesabaran yang unlimited, supaya kita tidak mengeluh dengan apa yang ktia dapat hari ini. Kita banyak yang tidak mampu menyelesaikan berbagai masalah dan cobaan lantas kita mengeluh serta melupakan apa yang kita peroleh, agar kita lebih baik dan senang walaupun susah kita harus banyak bersyukur dan bersabar.


Jangan Takut gagal

Jangan takut gagal, gagal adalah kawan hidup yang selalu dating sebagai ujian kita, tapi sebenarnya dibalik kegagalan itu banyak pelajaran, disamping gagal itu mengasah kita menjadi orang kuat, gagal juga sebagai buku untuk kita mencari apa yang kurang dari apa kita buat.


Menghargai dan menghormati orang lain

Sifat menghargai ini harus bener-benar kita tanamkan dalam diri kita, jika kita menghargai orang lain sudah pasti kita akan dihargai juga oleh orang lain, dan menghargai orang ini juga tidak lepas dari bagaimana kita menghormati orang lain tanpa membedakan kasta, ras, suku, golongan dan bangsa. Semua manusia itu sama.


Suka menolong dan berbuat baik tanpa mengharap imbalan (ikhlas)

Ini salah yang wajib ada pada diri kita, kalau kita bisa terapkan ini sudah pasti kita orang paling bahagia, jika kita melihat orang yang susah dan kita dapat menolongnya, bahagia melihat orang bahagia. Kondisi ini akan mebuat kita bahagia terus dan secara tidak sengaja mengurangi kita terhadap beban hidup yang kita hadapi. Dan saat tertentu rejeki kita karena kita iklhas sudha tentu mendapat balasan secara tiba-tiba tanpa diduga-diduga.


Belajar dari pengalaman

Selama kita menjalani hidup persoalan yang timbul, masalah yang belum selesai ditambah lagi kesalahan yang kita perbuat sering membuat kita stress dan sakit kepala, padahal ini semua merupakan suatu pelajaran buat kita, agar kedepan lebih baik, menggambar masa depan harus didasari pengalaman masa lalu agar kesalahan yang terjadi di masa lalu tidak terulang lagi kedepan.

Inilah sedikit apa yang saya pelajari selama ini, mungkin dapat menjadi pelajaran bagi ktia semua, namuan dari kesemuanya yang terpenting adalah bagaiamana kita terus mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha kuasa dan terus berdoa untuk mendapat hidup lebih baik, Tetap semangat…..

3 komentar:

Anonymous said...

bagoost.....
sering2 aja mas...

Ricky A.T said...

mantap bro...ini adalah tips baik dan bagus..dan InsyaAllah akan membuat kita lebih tenang dan ihklas dalam hidup ini...thanks brader..

Anonymous said...

thank's atas motivasinya.
happy life!!!

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai