The “KUPI" City

Tuesday, August 4, 2009
Semua orang sudah mengenal namanya kopi (coffee), memang menjadi minuman setipa orang. Kopi sendiri dikenal sebagai obat pehilang rasa ngantuk dan sebagai sumber nikotin tubuh, kalau kata medical, tapi gak kebayangkan kalu kopi bisa diracik jadi berbagai aneka rasa. Nah pingin taukan!!

Oke let’s begin, Kopi terdapat seluruh Indonesia, kopi in English is Coffee, tiap daerah sendiri mempunyai rasa yang macem, salah satu daerah penghasil kopi yang memiliki kualitas dunia adalah Kopi yang berasa dari Aceh (Atjeh Kupi/Achehnese Coffee), kalau di kaji lebih dalam tiap daerah di Aceh sendiri mempunyai citra rasa masing, have good taste. Trust me!!


Acheh coffee have various kinds of taste, if you try you will have more, itu lah kata orang disini. Coffee dalam bahasa Aceh sendiri dikenal ‘Kupi”, kupi seperti supplement yang meningkatkan daya piker dan kinerja. Dengan minum kupi, contents dari kupi mendorong otak untuk maximum thingking. Jadi gak salah dunk kalau “kedai Kupi” ini jadi salah satu tempat favorit.


Di Aceh kedai kupi jadi Information center, karena semua golongan akan pergi ke kedai kupi untuk bertemu dengan rekan-rekan yang lain. Atjeh Coffee sudah terkenal dari jaman penjajahan, seperti Gayo coffee yang sekarang menjadi hak paten bangsa Belanda, ada Coffee Seulimum coffee yang bubuknya tidak menyatu dengan air, dan kita harus menyaringnya dengan gigi. Kemudian ada juga yang terkenal UK coffee, UK ini bukan united kingdom but Ulee Kareng. One are that have 7 crossing (alias simpang 7, bayangin aja simpangnya ada 7 tapi gak ada traffic light) disini terkenal sebagai salah Coffee Center yang ada di Banda Aceh.


The “Kupi” City, itulah sebuah nama yang cocok untuk Banda Aceh, the Capital of Acheh province. Sebagai Banda Wisata Islamy, yang dukung dengan Qanun Syariah Islam, menjadi Banda Aceh sebagai kota Besar dan satu-satu Provinsi di Indonesia yang menerapkan Syariat Islam. Ketika kita dating ke banda Aceh, anda jangan heran-heran dan bengong (Menung kata orang malay, shocks word by foreign) Alias Tahe-tahe hanna meho saho liat Banda Aceh dan daerah Aceh-aceh lainya banyak di Jumpai Kedai kupi, every where you go you can find coffee shop (kedai kupi), never hope you can find Star Bug Coffee Shop, hehehehehe.


The “Kupi” City, ini Banda Aceh Sekarang, ada sebuah statement “kalau tidak ngopi, kepala tidak cash buat berfikir” nah inilah yang dibuat, Sambil ngopi dengan satu gelas kupi itam (black Coffee) kita bisa berbagi permasalahan, ide, kritik dan saran serta tanggapan kita tentang gejolak yang terjadi disekitar kita. Waktu yang palin enak buat ngopi adalah dari jam 5 PM until 10 PM, alias diluar jam kerja atau jam kampus gitu.


Sampai dikedai kupi, kalau diriku dengan kawan kantor suka ke kedai Kupi BW Coffee and solong Kedai Kopi, waitersnya bawa menu banyak tergantung kita mu milih apa, kayak di BW ni, ada namanya BW Mint, itu coffee, susu, dibuat jadi milkshake dan ditambah dengan Mint taste, rasanya seger, plong mata jadi on terus.

Bw Min uuhhh seger

Ada kawanku si Ados and fian, suka minum Sanger (kupi, tambah gula, susu, air, dan creamer) ini adalah salah racikan khas dari atjeh coffee.

sanger ni dia

Tapi kalau mau kupi itam juga boleh… tapi kalau gak tidur jangan salah kite ya. Tapi kalau minum kupi gak makan kue gak enak deh.. nanti masuk angin (gas entry) ie tamoeng angeng, hehehehe

ni kue nya.. gimana lapar gak

Biasanya kupi aceh ini mempunyai effect samping, diantarnya mata gak tertutup, kepala berfikir terus, gelisah-gelisah sendiri, jadi suka liatin flavon rumah, balik sana balik sini, kalau punya pacar pingin telepon minta dikawanin hehehehehe. Macem-macem deh.


Hm… sebenarnya aku sendiri sih pingin ajak kalian ngopi,, drink acheh coffee together in City edge. But I don’t know where are you all……

3 komentar:

Firdaus Usman said...

Salam kenal pa, saya hendak minta ijin kutip sedikit tulisan bapak untuk photo blog saya di foto ini

firdaus usman said...

wah link nya gag nongol..
disini maksudnya pa
http://www.flickr.com/photos/firdaususman/3791185033/

wahyu said...

minum kopi.... dah lama g ke kede kupi.... :D

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Dari Sini Dimulai